Bakamla Ungkap ada Ribuan Kapal China Masuki Laut Natuna

Media Berita Online Jakarta -  Sekretaris Utama Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksda S. Irawan menyebut ada ribuan kapal China dan Vietnam, yang masuk ke perairan Natuna Utara dekat Laut China Selatan.

Namun, ribuan kapal tak terdeteksi radar, hanya terlihat dengan pantauan mata.

"Kalau kita lihat di pantauan radar atau pantauan dari Puskodal kami, sampai saat ini di daerah overlapping itu masih ada 1, 2, 3, 4. 5, 6 kapal-kapal Vietnam, pantauan radar, termasuk kapal-kapal coast guard China," kata Irawan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (13/9/2021).


"Begitu dilijat kasat mata ataupun langsung pengamatan udara, itu bahkan sampai ratusan, mungkin ribuan kapal yang ada di sana," katanya lagi, seperti dikutip cnnindonesia.

Dalam rapat tersebut, Iwan mengatakan ada sejumlah hambatan Bakamla, dalam menjaga perbatasan, adalah salah satunya persoalan prasarana dan sarana.

Ia juga menyebut terkait adanya kondisi miris kapal-kapal Bakamla, belum bisa beroperasi penuh, meski konsidi perairan masih dinamis.

Akibatnya, pengawasan Bakamla yang tak optimal, tak sedikit kapal asing memasuki peraiaran Indonesia hingga saat ini. *La2



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.