Andika Dukung Siapapun KSAD Pilihan Jokowi

By : Lk

Media Berita Online Jakarta - Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyerahkan kepada Presiden Joko Widodo soal pejabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) berikutnya.

"Biarkan Presiden kan kewenangan Presiden. Saya mendukung semua," kata Andika, kepada wartawan, di kompleks parlemen, usai  menjalani fit and proper test, Sabtu (6/11/2021).

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus menyebut, sejumlah kriteria sosok yang lazimnya akan mengisi posisi KSAD.

Biasanya, kata Lodewijk, posisi KSAD kerap mempertimbangkan usia, jika sosok tersebut memang disiapkan untuk menjadi Panglima TNI kelak.

Jika mempertimbangkan aspek itu, KSAD akan diduduki oleh Jenderal TNI bintang tiga (Letnan Jenderal) dengan usia paling muda.

Namun begitu, kata Lodewijk, keputusan untuk mengisi posisi KSAD tetap akan bergantung internal Mabes TNI. Menurutnya, KSAD tetap akan dipilih Panglima TNI dan nantinya akan diberikan kepada Presiden untuk disetujui atau tidak.

Berdasarkan UU TNI, calon kepala staf angkatan, termasuk KSAD, diusulkan oleh Panglima TNI untuk ditetapkan oleh Presiden.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.