Viral Hujan Guyur Satu Mobil, Mungkinkah Secara Sains? Ini Kata BMKG

By : lala

Media Berita Online Jakarta - Peneliti Meteorologi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  (BMKG), Deni Septiadi mengatakan, fenomena terjadinya hujan di atas satu mobil saja, seperti yang sempat viral di media sosial merupakan hal yang sulit terjadi menurut sains.

Hal itu dikatakan, lantaran awan hujan biasanya memiliki ukuran paling kecil terbentang di radius 1 kilometer.

"Artinya sulit sekali ketika air yang keluar dari awan tersebut terkonsentrasi hanya dalam radius di bawah 100 meter, apalagi hanya di atas mobil tertentu," kata Deni, dilansir dari cnnindonesia, Selasa (3/11/2021).

Lebih lanjut Deni mengatakan, awan hujan paling kecil dan matang (mature) jenis single cell bentangnya bisa mencapai sekitar 1 kilometer.

Oleh karenanya, secara ilmu, awan hujan baik yang multi cell maupun single cell sangat sulit turun dengan radius kecil, apalagi secara spesifik hanya mengguyur 1 unit mobil.

"Hampir kebanyakan awan pada periode menjelang puncak musim hujan pasti memiliki bergerombol atau disebut multi cell, dan akan mengalami penguapan dan terdispersi akibat aliran angin di bawah awan," jelasnya.

Sebelumnya, viral di media sosial adanya fenomena hujan mengguyur 1 unit  mobil di area parkiran di kawasan Cikarang, Bekasi.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.