Mengenang Mbah Maridjan Penunggu Gunung Merapi

Jakarta, MetroNews7 - Bagi masyarakat Indonesia, terutama yang saat ini berusia diatas kepala dua, pastinya sudah tidak asing dengan sosok Mbah Maridjan.

Ya, Mbah Maridjan merupakan seorang juru kunci Gunung Merapi, yang wajahnya sering tampil di berbagai stasiun televisi, terutama sebagai bintang iklan.

Mbah Maridjan atau yg juga bernama Mas Penewu Surakso Hargo ini, lahir pada 5 Februari 1927 di Dukuh Kinahrejo, Umbulharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI. Yogyakarta. 

Beliau mulai menjadi juru kunci Gunung Merapi pada tahun 1982. Amanah ini diperoleh dari Sri Sultan Hamengkubuwono IX, untuk menggantikan juru kunci sebelumnya yang juga merupakan Ayahanda Mbah Maridjan, yaitu Mbah Hargo.

Sebagai juru kunci, Mbah Maridjan lah yg memberikan komando bagi warga setempat untuk mengungsi ketika ada aktivitas Gunung Merapi yang berbahaya.

Pada erupsi Merapi tahun 2006, nama beliau semakin dikenal publik karena keberaniannya untuk tidak mengungsi. Karena semakin terkenal, Mbah Maridjan dipercaya sebagai bintang iklan untuk salah satu produk terkenal.

Sekitar 4 tahun kemudian, tepatnya 26 Oktober 2010, Gunung Merapi kembali meletus dengan kekuatan yang lebih besar. Dalam peristiwa itu, Mbah Maridjan menghembuskan nafas terakhir, setelah ikut tersapu awan panas bersama korban lainnya.

Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, Aamiin. Ragil74

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.